Jenis Pipa Air Untuk Saluran Air Panas Yang Murah Dengan Kualitas Unggulan

Published by Teguh Riyanto on

pipa air panas

Ada banyak variasi pipa air Rucika yang digunakan untuk saluran air panas. Meskipun sama-sama untuk air panas, namun keunggulan dan spesifik kegunaan masing-masing jenis pipa untuk air panas tetap berbeda.

Perlu diperhatikan bahwa setiap jenis pipa memiliki ketahanan suhu panas yang berbeda-beda. Jadi tidak sembarang menggunakan pipa saluran air panas agar terhindar dari kerusakan-kerusakan kecil maupun fatal.

CPVC atau chlorinate polyvinyl chloride merupakan pipa jenis PVC yang terbuat dari termoplastik yang proses produksinya menggantikan hidrogen dengan klorin pada PVC. Pipa jenis CPVC dan jenis PVC standard memiliki keunggulan yang sama-sama tahan retak dan tidak terpengaruh dengan asam.

Akan tetapi, pipa PVC tidak cocok untuk digunakan sebagai saluran air panas karena ketahanan suhu hanya sampai 60o celcius atau 14 Fahrenheit saja. Oleh karena itu, pipa ini juga dapat digunakan untuk mengalirkan air bersih, drainase dan gas tanpa khawatir akan terjadi kebocoran.

Meski proses pembuatannya menggunakan klorin, akan tetapi pipa ini tahan terhadap klorin dan kloramin. Tujuan penggunaan klorin pada proses pembuatannya agar pipa ini tahan terhadap perubahan suhu panas dan api. Hasilnya, pipa jenis ini dapat menahan perubahan suhu hingga 82celcius atau setara dengan 180 Fahrenheit.

Berbahan dasar termoplastik, membuatnya ringan sehingga proses dan prosedur instalansi pipa menjadi lebih mudah dibanding dengan pipa berbahan dasar besi. Untuk ukuran CPVC pun bermacam-macam dari yang paling kecil berukuran 0.5 inch hingga 24 inches.

pipa air panas berkualitas

Yang membuat pipa ini berbeda dengan pipa yang lain adalah kemampuannya menahan api sehingga tidak menyebabkan kebakaran semakin besar apabila pipa terkena percikan api. Sangat berbeda dengan karakter bahan material yang terbuat dari plastik yang sangat rentan terhadap percikan api.

Pertumbuhan bakteri pada distribusi air sangat mudah terjadi, namun pipa air CPVC membantu aliran air tetap bersih dan murni sehingga pipa ini adalah tidak mudah mengerak atau korosi, dan mengendap. Pipa ini sudah lolos uji food grade karena material pipa tidak menyebabkan percampuran produk-produk berbahaya ke dalam aliran air bersih sehingga air tetap aman dan sehat untuk diminum.

Masalah harga, Pipa air Rucika ini memiliki harga yang relatif murah sehingga pipa air CPVC ini bisa jadi solusi buat anda yang ingin mambuat instalasi air panas di kamar mandi dengan budget murah.

Categories: Review

Teguh Riyanto

Tinggal di kota dingin Wonosobo. Menulis menjadi kegiatan yang dilakukan setiap hari