Panduan Cara Membuat Diferensiasi Bisnis Online

Published by Teguh Riyanto on

bisnis online

Ada banyak sekali panduan bisnis online yang bisa Anda baca sekaligus praktikkan. Mulai dari menentukan produk, membuat website, menaklukkan marketplace, dan lain sebagainya.

Dan semua pebisnis pasti menerapkan tips bisnis online tersebut. Itu artinya tips tersebut bisa saja kurang begitu efektif untuk Anda terapkan. Karena sudah banyak yang mempraktikkan, maka banyak yang sama.

Padahal, di era kompetisi, yang dibutuhkan adalah pembeda. Dalam dunia bisnis, itu sering disebut dengan ‘diferensiasi’. Karena hanya dengan melakukan ini, bisnis online Anda akan mendapatkan perhatian. Dan ada potensi usaha online Anda berkembang daripada kompetitor Anda.

Mengapa Usaha Online Harus Melakukan Diferensiasi?

Saya membaca buku karya Jack Trout yang sudah diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia. judulnya adalah Differentiate or Die. Artinya, berbeda atau mati. Dalam judul ini, Jack Trout ini menyampaikan bahwa bisnis harus beda. Jika tidak, maka bisnis Anda akan mati.

Perlu bukti? Gampang sekali. Coba ingat kembali. Berapa banyak merk smartphone yang pernah muncul dan sekarang sudah tidak ada lagi? Sekarang, yang masih bertahan adalah iPhone, Samsung, Xiomi, Vivo, dan beberapa lagi saya tidak hafal semua.

Yang pasti, sudah tidak ada lagi merk Evercross, bukan? Samsung melakukan diferensiasi sehingga beda dengan merk lainnya. Hal ini yang membuat Samsung bertahan.

Apa diferensiasi-nya? Menurut saya di kualitas hardware. Samsung dikenal sebagai smartphone dengan hardware yang bagus. Sehingga harganya agak malah dibandingkan dengan merk yang lain.

Sementara itu, Vivo melakukan diferensiasi di bagian kamera. Yang selalu dipertahankan adalah branding kamera terbaik, khususnya untuk selfie.

Ini tidak hanya perlu dilakukan oleh industri smartphone. Bisnis online apapun butuh diferensiasi. Ini menjadi pembeda sekaligus brand sehingga produk Anda bisa disukai oleh konsumen.

Lalu, bagaimana cara membuat diferensiasi di usaha online?

4 Langkah Membuat Diferensiasi Bisnis Online

Sekarang, kita akan belajar 7 langkah membuat diferensiasi di dalam semua bisnis, terutama bisnis online. Kenapa bisnis online? Karena semuanya serba online. Dan kompetisinya semakin hari semakin ketat.

Jika tidak “different” maka siap-siap untuk “die”.

1. Masuk Akal

Untuk mencari pembeda di bisnis Anda, maka Anda harus menemukan hal yang masuk akal. Bukan asal beda tapi yang masuk akal.

Kembali ke contoh persaingan di dunia smartphone. Awalnya, smartphone itu hanya untuk komunikasi dan internet atau browsing. Namun, Vivo masuk dengan diferensiasi yang beda, yaitu kualitas kamera yang bagus khususnya buat selfie.

Kenapa? Karena pengguna smartphone itu suka bersosial media dan berfoto. Makanya, Vivo muncul dengan branding smartphone selfie. Tagline-nya Vivo Selfie Expert.

Untuk menentukan hal tersebut, maka Anda harus mendengarkan pengguna. Setelah itu, cari tahu apa yang dilakukan oleh kompetitor. Dari sinilah Anda akan bisa mendapatkan pembeda atau diferensiasi yang masuk akal.

2. Menemukan Ide Pembeda

Semakin banyak kompetitor, semakin sulit untuk mendapatkan ide pembeda. Bersaing dalam harga yang lebih murah sepertinya tidak bisa Anda terus lakukan. Anda bisa tidak mendapatkan profit.

Bersaing dalam hal kualitas? Sudah pasti itu juga yang kompetitor lakukan. Lalu, apa yang harus Anda lakukan? Anda bisa memikirkan hal yang di luar produk atau layanan Anda.

Jack Trout mencontohkan sebuah univeristas yang membedakan diri dengan yang lain dengan satu cara. Yaitu menolak bantuan uang dari pemerintah. Ini sebagai pesan bahwa universitas tersebut tidak ingin dipengaruhi atau didekte oleh pemerintah. Mereka bebas berkarya dan mengeluarkan pendapat serta gagasan tanpa dikontrol oleh pemerintah.

Hal ini disebabkan banyaknya universitas yang bungkam atas kebijakan pemerintah yang kurang tepat. Mereka bungkam karena sudah mendapatkan bantuan dari pemerintah.

Sampai sini, apa kira-kira diferensiasi bisnis online Anda?

3. Pembuktian

Setelah menentukan ide, Anda harus tunjukan buktinya. Entah itu dalam sebuah produk layanan, ataupun yang lainnya.

4. Komunikasikan dengan Konsumen

Tidak ada gunanya jika Anda punya ide diferensiasi tapi konsumen Anda tidak mengetahuinya. Maka dari itu, gunakan semua channel digital yang ada. Mulai dari Instagram, Facebook, Twitter, Youtube, website, dan lain sebagainya. Buat semua orang apa pembeda usaha online Anda. Anda hanya perlu membuat konten marekting yang tepat untuk setiap platform yang Anda guankan untuk berkomunikasi.

Pasar online ini bukan perawat. Setiap orang sudah pernah merasakan produk atau layanan yang mungkin sama seperti yang Anda tawarkan. Maka dari itu, memberikan kualitas terbaik bukan cara yang tepat untuk membuat mereka tertarik. Kualitas itu sebuah keharusan. Diferensiasi yang akan membuat bisnis online Anda menonjol dan mendapatkan perhatian dari konsumen.


Teguh Riyanto

Tinggal di kota dingin Wonosobo. Menulis menjadi kegiatan yang dilakukan setiap hari