Membuat Paragraf Pembuka yang Menarik

Published by Teguh Riyanto on

membuat paragraf pembuka yang menarik

Selain judul, paragraf pembuka itu sangat menentukan apakah:

  • pembaca suka
  • pembaca mau membaca hingga akhir artikel

Makanya, ketika membuat paragraf pembuka, yang ada dipikiran kita harus disamakan dengan (kira-kira) apa yang ada di pikiran pembaca

Lalu bagaimana?

Secara umum, pembaca mencari sesuatu di Google itu karena ingin tahu

Makanya, yang paling ideal adalah dengan membuat paragraf pembuka yang menjanjikan kepada pembaca bahwa yang akan kita sampaikan itu apa yang mereka ingin temukan atau yang mereka cari.

Lalu bagaimana praktiknya?

Ini yang harus kita ingat. Memang ini bukan rumus yang pakem. Tapi rumus ini bisa diterapkan untuk membuat paragraf pembuka di dalam sebuah artikel.

Rumusnya adalah gain or pain

Gain artinya keuntungan atau manfaat yang didapatkan pembaca

Pain artinya kesakitan atau kerugian yang didapatkan pembaca

Biar lebih jelas, yuk kita lihat ke contoh

Contoh paragraf pembuka berupa gain

Misal judul artikel adalah
Tips Smart Meningkatkan Jumlah Follower Aktif Instagram Jualan

Kalau judulnya seperti itu, kita bayangkan dan buat list apa gain yang akan pembaca dapatkan atau gain yang pembaca inginkan

Yuk kita list

  1. Follower meningkat cepat
  2. Follower meningkat tanpa iklan
  3. Enaknya punya follower aktif

Ok, kita coba dulu 3 gain itu ya

Lanjut ke pembuatan paragraf pembuka


Jika Anda jualan melalui Instagram, Anda pasti ingin meningkatkan jumlah follower. Dan ini bisa Anda lakukan dengan sangat cepat jika Anda tahu langkah-langkahnya.

Mungkin Anda berpikir Anda harus beriklan. Memang benar salah satu cara meningkatkan follower IG aktif itu dengan beriklan. Namun, ada juga cara cepat tanpa iklan.

Dan yang pasti, Anda harus memiliki follower IG aktif. Karena percuma saja jika Anda punya puluhan ribu follower tanpa sebagian besar adalah akun tidak aktif. Atau jangan-jangan fake account atau akun palsu.

Contoh paragraf pembuka berupa pain

Dengan judul yang sama
Tips Smart Meningkatkan Jumlah Follower Aktif Instagram Jualan

Lalu, kira2 pain-nya apa yang ada di kepala pembaca?

  1. Punya follower banyak tapi sales kecil atau bahkan tidak ada sales
  2. Sudah iklan tapi follower gak naik
  3. Beli follower tapi percuma

Nah, lanjut ke paragraf pembuka


Ada banyak sekali cara meningkatkan jumlah follower Instagram yang bisa Anda pelajari. Dan mungkin Anda sudah praktikka beberapa tips tersebut. Akan tetapi hasilnya kurang terasa.

Bisa saja IG Anda sudah memiliki ribuan atau bahkan puluhan follower. Akan tetapi, Anda merasa sales kecil. Atau jangan-jangan tidak ada penjualan via IG Anda.

Atau mungkin juga Anda sudah keluarkan banyak uang untuk iklan. Namun, hasilnya nihil. Peningkatan follower tidak sebanding dengan biaya iklan yang Anda keluarkan.

Lalu, sering kali orang akan mencari jalan singkat. Yaitu membeli follower. Apakah itu berhasil menaikkan penjualan? Belum tentu. Karena follower IG belum tentu follower aktif. Belum tentu juga follower tertarget sesuai dengan produk Anda.

Catatan

  • gain atau pain tidak harus banyak. Satu aja boleh. Asalkan sudah bisa meyakinkan pembaca untuk terus membaca artikel sampai akhir, 1 sudah cukup
  • boleh juga menggunakan keduanya (pain dan gain secara bersamaan)
  • paragraf pembuka tidak harus 1 paragraf. Bisa 2, 3, atau 4. Bahkan tidak disarabkan cuma 1. Usahakan minimal 2, apalagi jika jumlah kata di atas 400 kata

Semoga membantu. JIka ingin tahu hal lain seputar freelance content writer dan peluang mendapatkan uang dari bisnis ini, silakan baca post sebelumnya di sini.


Teguh Riyanto

Tinggal di kota dingin Wonosobo. Menulis menjadi kegiatan yang dilakukan setiap hari