Dengan Skema Ini, Anda Tahu Bagaimana Cara Membuat Artikel Unik

Published by Teguh Riyanto on

cara membuat artikel unik dan original

Saya dituntut untuk memproduksi artikel yang unik. Itu sudah menjadi tugas seorang jasa penulis artikel. Dan sebenarnya siapa saja bisa mempelajari tentang bagaimana cara membuat artikel unik.

Kita harus sepakat dulu apa itu artikel unik. Jadi biar kita punya pemahaman yang sama. Baru kemudian lanjut ke pembahasa mengenai tips membuat artikel yang unik.

Apa Itu Artikel Unik?

Di artikel sebelumnya, saya sudah membahas mengenai bagaimana langkah apa saja yang saya lakukan untuk mendapatkan ide menulis. Jika Anda belum baca, silakan cek postingan sebelumnya dengan judul Cara Saya Mendapatkan Ide Menulis.

Setelah dapat ide, langkah selanjutnya adalah menuliskan sebuah artikel yang unik.

Sebelumnya, saya agak ambigu dengan pengertian dari artikel unik. Apakah itu artinya Anda harus menulis artikel yang unik? Apakah konten artikel tersebut sama sekali berbeda dengan artikel lainnya? Apakah itu artikel yang benar-benar tidak ada kesamaan dengan artikel yang lain. Jika itu definisinya, sepertinya tidak mungkin. Bisa dipastikan tetap ada yang sama.

Anda bisa ketik keyword apa saja dan cari di Google Search seperti bagaimana cara optimasi SEO. Pasti isinya dari beberapa blog ada yang sama, kan? Begitu juga jika Anda mengetik keyword yang lain.

Maka dari itu, menurut pendapat saya pribadi, artikel original itu ya artikel yang ditulis secara manual dengan ide yang fresh. Nah, kata kuncinya adalah ide yang fresh. Ide yang fresh ini bisa berupa cara penyajiannya yang menarik dan unik. Maka, jadilah konten artikel yang original dan unik.

Sampai sini, apakah Anda sepakat dengan saya mengenai pengertian konten artikel yang unik? Saya tidak anti kritik. Saya suka sekali berdiskusi. Silakan isi di kolom komentar jika Andat tidak sepakat.

Ketika artikel yang unik adalah artikel yang cara penyajiannya berbeda dan lebih menarik sehinga, di sinilah saya sebagai penulis konten lepas bisa mulai bermain. Saya memainkan sebuah cara bagaimana membuat artikel unik, yaitu artikel yang menarik untuk dibaca. Hingga akhirnya artikel yang saya produksi bisa saja memiliki isi yang sama tapi tetap beda karena penyajiannya beda.

Contoh sederhana begini. Setiap orang bisa membuat nasi goreng karena sudah ada daftar bahan yang harus digunakan. Tapi rasa dan tampilan saat disajikan pasti berbeda antara yang baru belajar memasak nasi goreng dengan chef profesional.

Skema untuk Membuat Artikel yang Unik

Tak perlu terlalu panjang lebar lagi, saya akan jelaskan bagaimana cara membuat artikel unik.

  1. Tentukan Keyword
  2. Cari Referensi
  3. Cari Data Pendukung
  4. Siapkan Alurnya
  5. Masuklah ke Dalam Otak Pembaca Anda

Saya akan bahas satu per satu agar lebih mudah jelas.

Pertama, menentukan keyword. Dengan menentukan keyword, maka Anda akan bisa menentukan topik yang akan Anda bahas di artikel itu tentang apa. Misalnya saja Anda ingin membahas tentang ‘cara mendapatkan uang dari blog’, maka sebenarnya di benak Anda sudah tersimpan apa yang ingin Anda sampaikan kepada pembaca.

Kedua, cari referensi. Jika Anda seorang yang ahli di bidang tertentu, maka Anda tidak perlu cari referensi. Namun, jika Anda merasa butuh referensi, Anda bisa cari sumber artikel lain terkait dengan topik yang ingin Anda bahas.

Misalnya saja Anda ingin bahas tentang ‘cara mendapatkan uang dari blog’, Anda bisa ke Google. Lalu, tuliskan keyword tersebut. Ambil 3-5 blog untuk Anda jadikan referensi. Baca semua blog tersebut lalu cari intisari dari setiap blog.

Ingat! Ambil intisarinya, bukan copy paste. Ini penting sekali jika Anda ingin menulis artikel unik.

Ketiga, cari data pendukung. Setelah Anda membaca 3-5 referensi blog yang berbeda, Anda mungkin menemukan hal kecil di dalam blog tersebut. Perdalam pembahasan di bagian tersebut dengan mencari data pendukung dari sumber yang lain.

Contohnya saja, ketika Anda ingin menulis artikel tentang cara mendapatkan uang dari blog, kemungkinan besar Anda akan membahas tentang streaming income. Entah itu dari Adsense, affiliate, dan lain sebagainya.  Agar beda dengan referensi sehingga artikel menjadi unik, Anda bisa tambahkan data pendukung. Contohnya saja Anda bisa riset pendapatan blogger di Indonesia. Atau Anda review tempat yang menyediakan program affiliate.

Keempat, siapkan alurnya. Ini yang sangat peniting dari proses membuat artikel yang unik. Karena jika alurnya menarik, maka pembaca juga lebih enjoy untuk membaca dari kalimat paling awal hingga akhir. Berbeda jika alur bercerita di artikel Anda ruwet. Pembaca akan kesulitan memahami apa yang sebenarnya Anda ingin sampaikan. Mereka bisa saja sama sekali tidak paham dengan apa yang Anda jelaskan.

Sampai tahap ini, Anda sudah menemukan ide serta data yang ingin Anda paparkan dalam konten artikel. Namun, jangan terburu-buru. Anda harus buat alurnya dulu.

Mulailah dengan membuat judul yang menarik. Cari perhatian pembaca dengan menuliskan judul yang menarik. Misalnya saja, Anda ingin membahas tentang mendapatkan uang dari blog, Anda bisa buat judul yang mengundang klik. Seperti contoh, ‘Mendapatkan Puluhan Juta Rupiah dengan Blog Gratisaan’. Anda bisa melakukan improvisasi.

Setelah itu, agar alurnya bagus, buatlah subheading atau subjudul. Ini akan membuat alur logika Anda mengalir. Jika judul artikelnya adalah Mendapatkan Puluhan Juta Rupiah dengan Blog Gratisaan’, Anda bisa buat dua subjudul berikut ini:

  • Langkah Membuat Blog Gratis
  • Tips Mendapatkan Ribuan Trafik di Blog Gratis

Tentu tidak itu saja. Tergantung apa bahasan yang ingin Anda tekankan pada artikel Anda.

Kelima, masuklah ke dalam otak pembaca Anda. Anggap Anda itu pembaca artikel Anda sendiri. Dengan cara ini, Anda bisa tahu apa yang pembaca Anda inginkan. Anda bisa dengan lebih mudah memberikan penjelasan karena Anda tahu apa yang pembaca Anda butuhkan.

Tidak hanya itu. Dengan memandang dari perspektif pembaca, Anda bisa menentukan intonasi atau tone dari artikel Anda. Artikel tidak hanya akan menjadi tulisan yang sama plek seperti artikel tutorial kebanyakan. Artikel Anda unik karena Anda menjelaskan dengan bahasa yang enak sesuai dengan audien atau pembaca blog Anda.

Saya ingin memberikan ilustrasi yang untuk menjelaskan tentang poin yang satu ini. Misalkan saja Anda ingin menulis artikel tentang flashlight karena Anda ingin jualan produk flashlight (senter). Anda bayangkan siapa target market Anda. Kemungkinan besar mereka yang suka hiking dan camping. Nah, di sini Anda bisa cerita tentang pengalaman hiking di malam hari.

Ini hanya contoh saja. Anda bisa kembangkan sendiri. Misalkan saja Anda bisa cari berita mengenai pendaki gunung yang tersesat. Yang saya beri kotak merah di bawah ini sepertinya cocok untuk dipilih.

cara membuat artikel unik

Sampai di sini dulu ulasan saya tentang bagaimana cara membuat artikel unik. Tentu semuanya tidak perlu Anda terapkan. Anda bisa tambahkan atau kurangi sesuai dengan kebutuhan.

Silakan tulis komen di bawah jika ingin berdiskusi tentang penulisan artikel blog yang unik.


Teguh Riyanto

Tinggal di kota dingin Wonosobo. Menulis menjadi kegiatan yang dilakukan setiap hari