Tujuan Membuat Blog Bukan Sekedar untuk Cari Uang

Published by Teguh Riyanto on

tujuan membuat blog

Tujuan membuat blog biasanya adalah passive income. Karena dari blog, banyak sekali orang yang mampu mendapatkan banyak uang.

Namun, persentase yang berhasil sangat kecil. Lebih banyak yang gagal. Bahkan, ada juga yang baru mulai dan langsung berhenti. Padahal, mereka belum sempat mencicipi passive income dari blog.

Hal tersebut disebabkan menentukan tujuan membuat blog yang menurut saya salah. Yaitu hanya sekedar untuk mendapatkan uang. Jadi, ketika uang tidak mereka dapatkan, mereka akan putus asa. Mereka berhenti dan mencoba keberuntungan di hal yang lain.

Tentu sah-sah saja jika tujuan membuat blog Anda untuk mendapatkan uang. Itu boleh saja. Namun, kualitas blog juga harus diutamakan, bukan? Karena banyak sekali orang yang mengejar uang dari blog saja tanpa memperdulikan kualitas blog.

Apa yang terjadi? Buat blog asal-asalan. Dan mereka hanya mendapatkan manfaat dengan cara mendapatkan uang. Itu saja.

Sekali lagi. Itu juga bukan hal yang salah. Tapi, coba pikirkan lagi jika ada tujuan membuat blog yang jauh lebih mulia daripada sekedar uang.

Konten artikel yang satu ini saya tulis setelah beberapa kali menonton channel youtuber seperti Deddy Corbuzier, Raditya Dika, dan lain sebagainya. Memang mereka bukan blogger. Namun, saya menganggap mereka adalah content creator. Sama seperti blogger. Hanya saja, yang dibuat atau di create berbeda. Blogger membuat konten artikel. Kalau youtuber membuat konten video.

Mereka sangat konsisten membuat konten yang berkualitas. Dan efek samping berupa passive income itu mengikuti. Dan satu lagi. Mereka sudah lama sekali di dunia youtuber, terutama Raditya Dika. Dan mereka tetap bertahan di tengah banyaknya kompetitor yang muncul.

Itulah mengapa sepertinya kok penting sekali untuk menentukan tujuan membuat blog. Dan itu bukan sekedar untuk mendapatkan uang.

Tujuan Buat Blog Harus Mulia

Lalu, tujuan membuat blog itu apa? Setidaknya ada 5 hal yang seharusnya ada di pikiran para blogger pemula. 5 tujuan berikut ini yang akan membuat siapa saja konsisten. Mereka akan terus membuat konten, mempostingnya, dan menjaga kualitas konten terus menerus.

1.Membagi Ilmu

Blog adalah media. Yang dibagikan melalui media tersebut adalah tulisan, gambar, infografis, serta terkadang juga ada videonya.

Tulisan memuat informasi. Itu bisa berupa tutorial, ilmu pengetahuan, pendapat, dan lain sebagainya. Sebisa mungkin Anda anggap blog adalah media bagi Anda untuk membagi ilmu kepada orang lain.

Jadi, blogger itu sangat sederhana. Yaitu menuliskan artikel tentang topik yang ia suka dan kuasai. Makanya, banyak blogger yang menjadi expert atau ahli di bidang tertentu. Mereka menjadi rujukan untuk topik tertentu.

Dengan membagi informasi atau ilmu penting, maka Anda telah membantu banyak orang. Bayangkan blog Anda tentang tutorial memperbaiki hp. Dan ada 100 orang yang membaca tutorial di blog Anda. Semuanya mampu menjadi teknisi hp. Mereka mendapatkan penghasilan dari hanya sekedar membaca blog Anda.

Mungkin Anda suka konten dakwah islam. Anda membagikan konten tentang islam yang rahmatan lil alamin. Bayangkan seberapa anak muda yang tidak tersesat karena membaca kontan dakwah Anda. Mereka tidak berpotensi menjadi kaku dalam beragama karena mendapatkan ilmu agama yang lemah lembut dari blog Anda.

2. Meningkatkan Skill Menulis

Selain untuk kebaikan orang lain, tujuan membuat blog juga untuk diri sendiri. Membagi ilmu tidak akan mungkin Anda lakukan jika Anda tidak tahu. Anda tahu karena Anda membaca. Maka dari itu, ilmu Anda pun akan semakin banyak.

Namun, yang tak kalah penting adalah skill menulis. Dengan menulis blog, skill menulis Anda semakin baik. Anda tahu bagaimana cara membuat judul yang bagus, cara membuat tulisan artikel yang mengalir sehingga pembaca suka, dan lain sebagainya.

3. Menjaga Kesehatan Psikis

Anda boleh percaya atau tidak. Ternyata, menulis itu bisa mencegah pikun lho. Ini bukan mitos. Ini sudah dijelaskan secara ilmiah. Anda bisa cek sendiri di artikel ini.

Saat lansia atau lanjut usia, seseorang harus menjaga kesehatan. Namun, bukan hanya kesehatan fisik yang harus dijaga. Yang paling penting lagi adalah kesehatan psikis. Dan ini bisa dilakukan dengan cara terus mengaktifkan otak. Membaca dan menulis akan mengaktifkan otak. Orang lansia pun tidak akan mudah pikun.

Bukan berarti blog harus dibuat ketika sudah tua. Semenjak muda pun harus rajin menulis blog. Kenapa? Agar terbiasa dan otak terus terasah. Saat sudah lansia, otak masih segar dan tidak mudah lupa ingatan.

4. Sebagai Media Branding

Banyak sekali blogger yang mendapatkan uang bukan dari adsense, melainkan dari jenis pekerjaan lainnya. Misalnya saja Gita Savitri. Ia seorang youtuber dan juga blogger. Lebih tepatnya content creator. Melalui kegiatan blog, ia menjadi penulis blog terkenal lho. Orang suka dengan tulisan di blognya. Kemudian ia membuat buku.

Makanya, blog bisa Anda jadikan sebagai media branding. Mau menjadi apa Anda di mata banyak orang. Sesuaikan dengan topik yang Anda bahas di blog.

Tentukan topik yang ingin Anda terus perdalam dan kuasai. Jadilah expert di topik tersebut. Tidak akan terasa Anda akan memiliki personal branding yang kuat di bidang tersebut.

5. Mendapatkan Kesempatan

Dengan menulis blog, maka semakin banyak orang yang akan mengenali diri Anda. Orang akan tahu Anda expert di bidang apa. Orang-orang akan mendekati Anda dan menawarkan berbagai kesempatan, entah itu kesempatan berkolaborasi, bekerjasama, dan lain sebagainya.

Sekarang, apa tujuan membuat blog yang ada di benak Anda? Tentukan tujuan yang sangat kuat yang membuat Anda akan terus tergerak untuk bisa konsisten blogging. Itu yang sangat penting.


Teguh Riyanto

Tinggal di kota dingin Wonosobo. Menulis menjadi kegiatan yang dilakukan setiap hari